10 negara bebas-visa untuk orang indonesia 2023

blog post image

Halo teman-teman! Kamu sedang mencari tujuan liburan tanpa ribet cari visa? Keren banget! Ada banyak tempat keren yang bisa kamu kunjungi tanpa visa, termasuk negara-negara bebas-visa untuk warga negara Indonesia seperti negara bebas-visa untuk orang Indonesia. Di artikel ini, kita akan bahas 10 destinasi populer yang bebas visa untuk warga negara Indonesia. Kita akan memberikan gambaran singkat tentang setiap negara, beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi, waktu terbaik untuk berkunjung, dan perkiraan biaya perjalanan harian. Selamat bepergian!

1. Singapura

Singapura adalah sebuah kota yang bersemangat dan sibuk di Asia Tenggara. Kota ini terkenal karena penduduknya yang multikultural dan infrastruktur modern dan efisien, sehingga menjadi tujuan populer bagi para wisatawan dari seluruh dunia.

Salah satu hal pertama yang akan Anda lihat ketika tiba di Singapura adalah lingkungan yang bersih dan hijau. Kota ini berkomitmen terhadap konservasi lingkungan, dan Anda akan menemukan banyak taman dan kebun untuk dijelajahi. Beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi termasuk Singapore Botanic Gardens, yang memiliki beragam tanaman dan bunga, dan Singapore Zoo, yang terkenal dengan kandang binatang alami.

Saat datang ke makanan, Singapura adalah surga sejati bagi pecinta makanan. Kota ini terkenal dengan kuliner yang beragam, yang mencerminkan penduduknya yang multikultural. Beberapa makanan populer yang perlu dicoba termasuk nasi ayam, laksa, dan kepiting cabai.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Singapura tergantung pada rencana Anda. Cuaca biasanya panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu berkisar dari 20s hingga 30s derajat Celsius. Musim hujan berlangsung dari November hingga Januari, sedangkan musim kering adalah dari Februari hingga April. Jika Anda ingin menghindari keramaian, lebih baik datang selama musim siklus, dari Mei hingga Juni atau September hingga Oktober.

Dalam hal anggaran, Singapura umumnya lebih mahal daripada kota lain di Asia Tenggara. Namun, ada cara untuk menghemat uang, seperti menginap di hotel murah, menggunakan transportasi umum, dan makan di pusat penjual makanan lokal. Sebagai aturan umum, Anda harus merencanakan anggaran minimal Rp. 1.400.000 per hari untuk menutupi biaya makanan, transportasi, dan aktivitas.

blog-detila-img-2

Singapura Skyline dan Merlion (sumber hotels.com)

2. Thailand

Thailand adalah negara Asia Tenggara yang terkenal dengan pantai-pantai indahnya, candi-candi kuno, dan budaya yang hidup. Terletak di tengah Semenanjung Indochina, Thailand memiliki sejarah yang kaya dan populasi yang beragam dengan campuran budaya Thai, Cina, dan India.

Salah satu atraksi terpopuler Thailand adalah pantai-pantainya yang indah. Baik Anda ingin bersantai di sebuah pulau terpencil atau bersuka ria di pantai yang ramai, Thailand memiliki sesuatu untuk semua orang. Beberapa destinasi pantai teratas termasuk Phuket, Koh Samui, dan Krabi.

Selain pantai-pantainya, Thailand juga merupakan rumah bagi sejumlah candi-candi kuno dan situs-situs bersejarah. Beberapa candi terkenal termasuk Wat Phra Kaew di Bangkok, Wat Pho, dan Wat Arun. Candi-candi ini dikenal karena arsitektur yang rumit dan patung-patung dan lukisan yang indah.
Saat datang ke makanan, Thailand adalah surga bagi pecinta makanan. Negara ini terkenal dengan masakan pedasnya yang dipengaruhi oleh rasa Cina dan India. Beberapa makanan populer yang perlu dicoba termasuk pad thai, tom yum goong, dan green curry.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Thailand tergantung pada rencana Anda. Cuaca biasanya panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu berkisar dari 20s hingga 30s derajat Celsius. Musim hujan berlangsung dari Mei hingga Oktober, sedangkan musim kering adalah dari November hingga April. Jika Anda ingin menghindari keramaian, lebih baik datang selama musim siklus, dari Maret hingga Mei atau September hingga Oktober.

Dalam hal anggaran, Thailand umumnya lebih terjangkau daripada negara lain di Asia Tenggara. Namun, biaya dapat bervariasi tergantung di mana Anda pergi dan apa yang Anda lakukan. Sebagai aturan umum, Anda harus merencanakan anggaran minimal Rp. 700.000 per hari untuk menutupi biaya makanan, transportasi, dan aktivitas.

blog-detila-img-2

air jernih di Thailand (sumber hotels.com)

3. Malaysia

Malaysia adalah negara Asia Tenggara yang dikenal dengan pantai-pantai indahnya, hutan hujan kuno, dan budaya yang hidup. Terletak di Semenanjung Malay dan bagian utara pulau Borneo, Malaysia adalah negara yang beragam dan menarik dengan sejarah yang kaya dan campuran budaya Malay, Cina, India, dan Eropa.

Salah satu atraksi terpopuler di Malaysia adalah pantai-pantainya yang indah. Baik Anda ingin bersantai di sebuah pulau terpencil atau bersuka ria di pantai yang ramai, Malaysia memiliki sesuatu untuk semua orang. Beberapa destinasi pantai populer termasuk Langkawi, Penang, dan Pulau Tioman.

Selain pantai-pantainya, Malaysia juga merupakan rumah bagi sejumlah hutan hujan kuno dan taman nasional. Area-area terlindungi ini merupakan rumah bagi beragam tanaman dan hewan, termasuk orangutan, gajah, dan harimau. Beberapa taman nasional yang populer untuk dikunjungi termasuk Taman Negara dan Kinabalu National Park.

Saat datang ke makanan, Malaysia adalah surga bagi pecinta makanan. Negara ini dikenal dengan masakannya yang lezat, yang dipengaruhi oleh rasa Malay, Cina, dan India. Beberapa makanan populer yang perlu dicoba termasuk nasi lemak, char kway teow, dan roti canai.
Waktu terbaik untuk berkunjung ke Malaysia tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Cuaca umumnya panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu berkisar dari 20s hingga 30s derajat Celsius. Musim hujan berlangsung dari Oktober hingga Februari, sedangkan musim kering adalah dari Maret hingga September. Jika Anda ingin menghindari keramaian, lebih baik datang selama musim siklus, yaitu dari Maret hingga Mei atau September hingga Oktober.

Dalam hal anggaran, Malaysia umumnya lebih terjangkau daripada negara lain di Asia Tenggara. Namun, biaya dapat bervariasi tergantung di mana Anda pergi dan apa yang Anda lakukan. Sebagai aturan umum, Anda harus merencanakan anggaran minimal Rp. 800.000 per hari untuk menutupi biaya makanan, transportasi, dan aktivitas.

blog-detila-img-2

Petronas Towers di Kuala Lumpur (sumber roadaffair.com)

4. Vietnam

Vietnam adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, pemandangan yang menakjubkan, dan budaya yang hidup. Terletak di pantai timur Semenanjung Indochina, Vietnam memiliki sejarah yang kaya dan penduduk yang beragam yang terdiri dari campuran Vietnam, Cina, dan pengaruh Prancis.

Salah satu tempat wisata yang paling populer di Vietnam adalah pantai-pantainya yang indah. Baik Anda ingin bersantai di sebuah pulau terpencil atau bergembira di pantai yang ramai, Vietnam memiliki sesuatu untuk semua orang. Beberapa destinasi pantai yang populer termasuk Nha Trang, Phu Quoc, dan Hoi An.

Selain pantainya, Vietnam juga rumah bagi beberapa pemandangan yang indah dan daya tarik alam. Ini termasuk gunung-gunung tinggi di bagian utara, sawah padi yang indah di bagian tengah, dan Delta Mekong di bagian selatan. Beberapa daya tarik alam yang populer untuk dikunjungi termasuk Teluk Halong, teras sawah Sapa, dan Taman Nasional Phong Nha-Ke Bang.

Ketika datang ke makanan, Vietnam adalah surga bagi pecinta makanan. Negara ini terkenal dengan masakannya yang lezat, yang dipengaruhi oleh rasa Cina dan Prancis. Beberapa masakan yang populer untuk dicoba termasuk pho, banh mi, dan lumpia primavera.
Waktu terbaik untuk mengunjungi Vietnam tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Cuaca umumnya panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu berkisar dari 20an hingga 30an derajat Celsius. Musim hujan berlangsung dari Mei hingga Oktober, sementara musim kemarau adalah dari November hingga April. Jika Anda ingin menghindari keramaian, sebaiknya Anda mengunjungi selama musim sisih, yaitu dari Maret hingga Mei atau September hingga Oktober.

Dalam hal anggaran, Vietnam umumnya lebih terjangkau daripada negara lain di Asia Tenggara. Namun, biaya bisa bervariasi tergantung di mana Anda pergi dan apa yang Anda lakukan. Sebagai aturan umum, Anda harus menyiapkan anggaran minimal Rp. 600.000 per hari untuk biaya makanan, transportasi, dan kegiatan.

blog-detila-img-2

Teras sawah terkenal di Vietnam (sumber tourlane.de)

5. Kamboja

Kamboja adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terkenal dengan kuil-kuil kuno, pantai-pantai indah, dan budaya yang hidup. Terletak di Semenanjung Indochina, Kamboja memiliki sejarah yang kaya dan penduduk yang beragam yang terdiri dari campuran Khmer, Cina, dan pengaruh Prancis.

Salah satu tempat wisata yang paling populer di Kamboja adalah kuil-kuil kuno. Negara ini merupakan rumah bagi sejumlah kuil yang terawat dengan baik, termasuk Angkor Wat yang terkenal, yang merupakan salah satu monumen agama terbesar di dunia. Kuil-kuil lain yang populer untuk dikunjungi termasuk Bayon, Ta Prohm, dan Banteay Srei.

Selain kuil-kuil, Kamboja juga rumah bagi sejumlah pantai yang indah. Ini termasuk pantai pasir putih Sihanoukville dan pulau-pulau tenang Koh Rong dan Koh Rong Samloem. Pantai-pantai ini sempurna untuk relaksasi dan olahraga air, seperti berenang, snorkeling, dan kayaking.

Ketika datang ke makanan, Kamboja dikenal dengan masakannya yang lezat, yang dipengaruhi oleh rasa Thai, Vietnam, dan Cina. Beberapa masakan yang populer untuk dicoba termasuk amok, prahok, dan kecap ikan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Kamboja tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Cuaca umumnya panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu berkisar dari 20an hingga 30an derajat Celsius. Musim hujan berlangsung dari Mei hingga Oktober, sementara musim kemarau adalah dari November hingga April. Jika Anda ingin menghindari keramaian, sebaiknya Anda mengunjungi selama musim sisih, yaitu dari Maret hingga Mei atau September hingga Oktober.

Dalam hal anggaran, Kamboja umumnya lebih terjangkau daripada negara lain di Asia Tenggara. Namun, biaya bisa bervariasi tergantung di mana Anda pergi dan apa yang Anda lakukan. Sebagai aturan umum, Anda harus menyiapkan anggaran minimal Rp. 600.000 per hari untuk menutupi biaya makanan, transportasi, dan kegiatan.

blog-detila-img-2

Angkor Wat di Siem Reap di Kamboja (sumber Wikipedia)

6. Timor-Leste

Timor Leste, juga dikenal sebagai Timor Timur, adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terletak di ujung timur pulau Timor. Negara ini terkenal dengan pantai-pantainya yang indah, budaya yang kaya, dan sejarah yang hidup.

Salah satu tempat wisata yang paling populer di Timor Leste adalah pantai-pantainya yang indah. Negara ini rumah bagi sejumlah pantai terpencil dan tenang, seperti Pulau Atauro dan Pantai Tutuala. Pantai-pantai ini sempurna untuk berenang, snorkeling, dan relaksasi.

Selain pantainya, Timor Leste juga rumah bagi budaya yang kaya dan sejarah. Negara ini memiliki campuran pengaruh Portugis dan Indonesia, dan ini tercermin dalam arsitektur, seni, dan masakannya. Beberapa tempat wisata budaya yang populer untuk dikunjungi termasuk Museum Perlawanan Timor Leste Timur dan Museum Nasional Timor Leste.

Ketika datang ke makanan, Timor Leste dikenal dengan masakannya yang lezat, yang dipengaruhi oleh rasa Portugis dan Indonesia. Beberapa masakan yang populer untuk dicoba termasuk caril de camarão, pudim de bolo, dan batar daan.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Timor Leste tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Cuaca umumnya panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu berkisar dari 20an hingga 30an derajat Celsius. Musim hujan berlangsung dari Oktober hingga April, sementara musim kemarau adalah dari Mei hingga September. Jika Anda ingin menghindari keramaian, sebaiknya Anda mengunjungi selama musim sisih, yaitu dari Maret hingga Mei atau September hingga Oktober.

Dalam hal anggaran, Timor Leste umumnya lebih terjangkau daripada negara lain di Asia Tenggara. Namun, biaya bisa bervariasi tergantung di mana Anda pergi dan apa yang Anda lakukan. Sebagai aturan umum, Anda harus menyiapkan anggaran Rp. 500.000 per hari untuk menutupi biaya makanan, transportasi, dan kegiatan.

blog-detila-img-2

Cristo Rei of Dili (sumber lonelyplanet.com)

7. Brunei

Brunei adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terletak di pulau Borneo. Negara ini terkenal dengan budaya yang kaya, pantai-pantai indah, dan infrastruktur modern.

Salah satu daya tarik terpopuler di Brunei adalah pantai-pantainya yang indah. Negara ini rumah bagi banyak pantai yang sepi dan tenang, seperti Pantai Muara dan Pantai Meragang. Pantai-pantai ini sangat cocok untuk berenang, snorkeling, dan relaksasi.

Selain pantai-pantainya, Brunei juga rumah bagi budaya dan sejarah yang kaya. Negara ini memiliki campuran budaya Melayu, Tionghoa, dan Islam, dan ini tercermin dalam arsitektur, seni, dan kuliner. Beberapa tempat budaya yang populer untuk dikunjungi termasuk Museum Regalia Kerajaan dan Pusat Sejarah Brunei.

Saat datang ke makanan, Brunei dikenal dengan kuliner yang lezat, yang dipengaruhi oleh rasa Melayu, Tionghoa, dan India. Beberapa makanan yang populer untuk dicoba termasuk ambuyat, nasi lemak, dan satay.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Brunei tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Cuaca umumnya panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu berkisar dari 20-an hingga 30-an derajat Celsius. Musim hujan berlangsung dari Oktober hingga April, sementara musim kering adalah dari Mei hingga September. Jika Anda ingin menghindari keramaian, lebih baik untuk berkunjung selama musim siku, yaitu dari Maret hingga Mei atau September hingga Oktober.

Dalam hal anggaran, Brunei umumnya lebih mahal daripada negara-negara lain di Asia Tenggara. Namun, biaya dapat bervariasi tergantung pada tempat Anda pergi dan apa yang Anda lakukan. Sebagai aturan umum, Anda harus menyiapkan anggaran setidaknya Rp. 1.200.000 per hari untuk menutupi biaya makanan, transportasi, dan kegiatan.

blog-detila-img-2

Masjid Omar Ali Saifuddin (sumber @Bahrin Yusof)

8. Filipina

Filipina adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terletak di Samudera Pasifik Barat. Negara ini terkenal dengan pantai-pantai indah, budaya kaya, dan sejarah hidup.

Salah satu daya tarik terpopuler di Filipina adalah pantai-pantainya yang indah. Negara ini rumah bagi banyak pantai yang sepi dan tenang, seperti Boracay, Palawan, dan Siargao. Pantai-pantai ini sangat cocok untuk berenang, snorkeling, dan relaksasi.

Selain pantai-pantainya, Filipina juga rumah bagi budaya dan sejarah yang kaya. Negara ini memiliki campuran budaya Melayu, Tionghoa, dan Spanyol, dan ini tercermin dalam arsitektur, seni, dan kuliner. Beberapa tempat budaya yang populer untuk dikunjungi termasuk Ladang Padi Banaue dan distrik sejarah Intramuros di Manila.

Saat datang ke makanan, Filipina dikenal dengan kuliner yang lezat, yang dipengaruhi oleh rasa Melayu, Tionghoa, dan Spanyol. Beberapa makanan yang populer untuk dicoba termasuk adobo, sinigang, dan lechon.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Filipina tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Cuaca umumnya panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu berkisar dari 20-an hingga 30-an derajat Celsius. Musim hujan berlangsung dari Mei hingga Oktober, sementara musim kering adalah dari November hingga April. Jika Anda ingin menghindari keramaian, lebih baik untuk berkunjung selama musim siku, yaitu dari Maret hingga Mei atau September hingga Oktober.

Dalam hal anggaran, Filipina umumnya lebih terjangkau daripada negara-negara lain di Asia Tenggara. Namun, biaya dapat bervariasi tergantung pada tempat Anda pergi dan apa yang Anda lakukan. Sebagai aturan umum, Anda harus menyiapkan anggaran setidaknya Rp. 600.000 per hari untuk menutupi biaya makanan, transportasi, dan kegiatan.

blog-detila-img-2

View di Danau Kayangan (sumber Wikipedia.com)

9. Maldives

Maldives adalah sebuah negara di Asia Tenggara yang terletak di Samudera Hindia. Negara ini terkenal dengan pantai-pantai indah, air jernih seperti kristal, dan resor mewah.

Salah satu daya tarik terpopuler di Maldives adalah pantai-pantainya yang indah. Negara ini terdiri dari lebih dari 1.000 pulau kecil, masing-masing dengan pantai pasirnya sendiri dan air jernih seperti kristal. Pantai-pantai ini sangat cocok untuk berenang, snorkeling, dan relaksasi.

Selain pantai-pantainya, Maldives juga rumah bagi beberapa resor mewah. Resor-resor ini menawarkan berbagai pilihan akomodasi, dari bungalow di atas air hingga vila pantai, dan terkenal dengan fasilitas mewah dan layanan personal. Beberapa resor populer yang dikunjungi termasuk Anantara Kihavah Maldives Villas, Soneva Fushi, dan W Maldives.

Saat datang ke makanan, Maldives dikenal dengan seafood yang lezat. Kuliner negara ini dipengaruhi oleh campuran rasa India, Arab, dan Sri Lanka, dan menampilkan berbagai jenis ikan segar, krustasea, dan moluska. Beberapa makanan yang populer untuk dicoba termasuk kari tuna, mas huni, dan garudhiya.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Maldives tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan. Cuaca umumnya panas dan lembab sepanjang tahun, dengan suhu berkisar dari 20-an hingga 30-an derajat Celsius. Musim hujan berlangsung dari Mei hingga Oktober, sementara musim kering adalah dari November hingga April. Jika Anda ingin menghindari keramaian, lebih baik untuk berkunjung selama musim siku, yaitu dari Maret hingga Mei atau September hingga Oktober.

Dalam hal anggaran, Maldives umumnya lebih mahal daripada negara-negara lain di Asia Tenggara. Namun, biaya dapat bervariasi tergantung pada tempat Anda pergi dan apa yang Anda lakukan. Sebagai aturan umum, Anda harus menyiapkan anggaran setidaknya Rp. 1.400.000 per hari untuk menutupi biaya makanan, transportasi, dan kegiatan.

blog-detila-img-2

Water Bungalow Resort di Maldives (sumber wikimedia.com)

10. Hong Kong

Hong Kong adalah sebuah kota yang ramai dan sibuk yang terletak di pantai tenggara China. Dengan pelabuhannya yang indah dan skyline-nya, Hong Kong adalah tujuan populer bagi para wisatawan dari seluruh dunia.

Salah satu tempat wisata terkenal di Hong Kong adalah Victoria Peak, yang menawarkan pemandangan yang menakjubkan dari kota. Daya tarik lain yang populer adalah Hong Kong Disneyland Resort, yang merupakan tempat wajib dikunjungi bagi keluarga dan anak-anak. Kota ini juga rumah bagi banyak museum, termasuk Museum Sejarah Hong Kong dan Museum Sains Hong Kong.

Saat datang ke makanan, Hong Kong dikenal dengan dim sum dan seafood yang lezat. Beberapa makanan terkenal yang harus dicoba termasuk roast goose, congee, dan mi wonton.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Hong Kong adalah selama bulan-bulan musim gugur September hingga November ketika cuaca lembut dan nyaman.

Sementara itu, anggaran perjalanan harian, Anda bisa menghemat dengan anggaran sekitar Rp. 1.200.000 per hari. Ini akan mencakup biaya akomodasi, makanan, dan transportasi, serta beberapa kegiatan dan atraksi. Namun, jika Anda ingin bersenang-senang dan mengalami kemewahan, Anda dapat mengharapkan untuk mengeluarkan lebih banyak uang.

Secara keseluruhan, Hong Kong adalah sebuah kota yang hidup dan menyenangkan dengan banyak hal yang dapat dilihat dan dilakukan. Apakah Anda tertarik dengan sejarah, budaya, atau hanya ingin mengalami energi metropolis yang ramai ini, Hong Kong adalah tujuan yang harus dikunjungi.

blog-detila-img-2

Hong Kong harbour and skyline, seen from Victoria Peak on a rainy night of June 2019.

RElated Blogs

Ini 5 Cafe di Jakarta yang Buka 24 Jam Non Stop

Cafe Jakarta Buka 24 Jam – Cafe di Jakarta yang buka 24 jam bisa dijadikan pilihan ketika

Penasaran Tarian Kecak Berasal Dari Mana? Baca Di sini Sejarah dan Keunikannya!

Penasaran Tarian Kecak Berasal Dari Mana? Baca Disini Sejarah dan Keunikannya! Sudah menjadi rahasia umum bahwa Tarian

10 Pemandian Air Panas Bandung, Cocok untuk Wisata Keluarga!

Pemandian air panas Bandung cocok dikunjungi untuk merasakan kehangat di tengah hawa dingin. An

6 Rekomendasi Hotel di Batu Malang yang Instagramable

Kota Batu adalah salah satu destinasi wisata di Malang Jawa Timur dengan pemandangan alam yang mempesona dan juga kesejukan uda