15 Kuliner Khas Bogor yang Unik, Enak dan Paling Dicari

blog post image

Setelah berkeliling dan merajut kisah kuliner di Bogor, tim Jalan-Jalan Yuk dengan penuh semangat menyajikan 15 pilihan makanan dan minuman terbaik serta paling friendly di kantong di kota ini. Percakapan tentang kuliner di Bogor memang tak pernah habis, ya? Dari sensasi segar es buah Pala yang memanjakan lidah hingga kelezatan pedas gurih Laksa yang membuat perut terasa bahagia. Jangan bayangkan kita tak bisa berhenti mencicipi!

Bogor memang surganya kuliner, terutama di kawasan Suryakencana yang disebut-sebut sebagai pusat kuliner pecinan Bogor. Nah, buat kamu yang tengah galau mencari tempat makan enak, keren, dan pastinya Instagrammable, Bogor adalah jawabannya. Tim Jalan-Jalan Yuk nggak hanya mencicipi setiap hidangan yang tersaji, tapi juga menggali cerita di balik setiap sajian lezat.

Di tengah suasana pecinan yang ramai, kamu akan menemukan kekayaan kuliner tradisional yang tak ternilai. Berbagai varian sate, nasi goreng, dan hidangan khas Bogor lainnya siap memanjakan lidahmu. Kami yakin, setiap hidangan memiliki cerita uniknya masing-masing.

Jadi, ayo nikmati petualangan kuliner terbaik di Bogor bersama kami. Mulai dari makanan ringan hingga menu berat, setiap pilihan akan memuaskan selera kamu. Mari menjelajahi kelezatan Kuliner Khas Bogor Terbaik yang telah kami temukan. Siapa tahu, ini adalah jawaban untuk pertanyaan "Makan apa nih?"mu hari ini! 🍜🥤

Baca Juga: Makan di Atas Gedung Jakarta: Kuliner di Atap Terbaik

1. Laksa Bogor Pak Inin

Tim Jalan-Jalan Yuk penasaran dengan Laksa Bogor dan mencoba beberapa spot yang menjual makanan khas Bogor ini. Akhirnya pilihan jatuh pada Warung Laksa-nya Pak Inin. Begitu mencicipi kuahnya, rasanya nendang banget..

Racikan rempah-rempah dan gurih santan yang pas, meresap di setiap sendoknya. Kuliner Bogor yang murah dan enak ini berisi ketupat, tauge, potongan tahu kuning, bihun, oncom, dan telur rebus. Plus ditabur kemangi setelah disiram kuah laksa. Lezat deh, pokoknya!

Pantas saja Laksa Bogor Pak Inin ga ada duanya, karena tempat ini sudah ada sejak 1965! Mempertahankan citarasa lezat dan digandrungi warga Bogor dan wisatawan tentunya tidak mudah.

Alamat: Jl. Palasari, Palasari, Kec. Cijeruk, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16740, Indonesia
Contact:+6281297305335
Jam buka: Setiap hari kecuali Jumat (09.00 – 16.00)
Harga: Mulai 10ribuan
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
2. Doclang Pak Odik

Ide sarapan pagi ala orang Bogor ini bisa dicontek para pelancong seperti kamu. Doclang kalau di Jawa Timur mirip Gado-Gado. Isinya gak neko-neko hanya ada lontong/ketupat, tahu kuning goreng, telur rebus dan kentang goreng, disiram saus kacang dan kecap manis. Tak lupa kerupuk untuk tambahan yang kriuk. Benar-benar kenikmatan hakiki di pagi hari!

Ada banyak lokasi yang menjual Doclang Bogor tapi setelah tim Jalan-Jalan Yuk, mencicipi di banyak tempat, punya Pak Odik-lah yang paling juara. Terutama saus kacangnya yang terasa spesial. Hanya dengan 15ribu, kamu akan mendapatkan sepiring kuliner Bogor yang lezat, gurih dan mengenyangkan! Tempatnya memang sangat sederhana seperti Warteg, tapi antriannya bisa cukup panjang.

Alamat:Perumahan Ciomas Village, Padasuka, Kec. Ciomas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16610, Indonesia
Contact: +6281410955270
Jam buka: Setiap hari kecuali Jumat (07.00 – 14.30)
Harga: Rp15.000
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
3. Cungkring Pak Jumat

Masih berkutat dengan saus kacang, kuliner Bogor yang satu ini tidak banyak yang menjual. Cungkring berisi jeroan seperti kikil sapi, urat, kulit yang disiram bumbu kacang.

Beberapa tempat jual Cungkring menyajikan aneka jeroan ini dengan ditusuk sate, tetapi lain dengan Cungkring Pak Jumat. Sajian Cungkring Pak Jumat jadi spesial karena jeroan direbus selama 5 sampai 7 jam terlebih dahulu, lalu dipotong kotak-kotak, plus lontong dan krupuk, menggunakan daun pisang.

Alamat: Suryakencana St No.285, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor City, West Java 16123, Indonesia
Contact: +628981636162
Jam buka: Setiap hari kecuali Jumat (07.00 – 17:00)
Harga: Rp15.000
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
4. Toge Goreng Haji Omah

Saat jalan-jalan menyusuri kota Bogor, kamu akan sering melihat kuliner Bogor yang satu ini. Toge Goreng bukan hanya toge yang digoreng, ya! Dalam sepiring Toge Goreng, ada toge (tentunya), tahu, mie kuning dan lontong yang disiram dengan kuah oncom. 

Toge Goreng Haji Omah adalah salah satu kuliner legendaris yang sudah ada sejak 1970, jjauh sebelum diboyong Presiden Jokowi ke istana untuk menjamu para tamunya. Yang spesial dari makanan otentik ini adalah tauco homemade yang beda dari toge goreng lain. Memasak togenya juga masih sangat tradisional dengan menggunakan kayu bakar sehingga menciptakan aroma dan rasa yang sedapnya khas banget.

Alamat: Jalan Jend. Sudirman No. 23 A, Pabaton, Bogor Tengah,  Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16121, Indonesia
Jam buka: Setiap hari kecuali Jumat (08.30 – 17:00)
Harga:  Rp. 14.000
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
5. Martabak Encek

Mungkin kamu sudah pernah menjelajahi beberapa pulau populer di pulau seribu seperti pulau Ayer, pulau Bidadari, dan pulau Tidung. Tapi, tidak banyak orang yang pernah mengunjungi pulau Dolphin yang masih sangat asri dan tidak berpenghuni.

Buat kamu yang ingin rebahan dengan tenang di pantai, jauh dari hiruk-pikuk kota, cobain deh jalan-jalan ke Pulau Dolphin. Pulau yang sangat sunyi ini merupakan tempat yang sangat asyik untuk snorkeling dan bermain kano. Di sana, kamu bisa melihat terumbu karang yang cantik serta ikan laut yang berwarna-warni. Kamu juga bisa berenang menikmati air jernih di Pulau Dolphin.

Dari Ancol, kamu bisa mencapai pulau ini dengan waktu tempuh 1.5 jam menggunakan speedboat. Lokasinya dekat dengan Pulau Harapan. Selain snorkeling, kamu juga bisa bermain voli pantai, sunbathing, atau foto-foto. Oh ya, inget-inget ya, kamu harus bawa perlengkapan yang lengkap karena di pulau ini fasilitasnya masih belum memadai.

Alamat: Jl. Roda, RT.04/RW.02, Sukasari, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia
Contact: +628567079427
Jam buka: Setiap hari kecuali Jumat (12.30 – 16:00)
Harga: Mulai 40ribuan
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
6. Ngo Hiang (Non-Halal)

Beralih ke makanan yang asin. Ngo Hiang hanya ada di tiga lokasi di kota Bogor. Ngo Hiang dibuat dari daging babi cincang yang digoreng tepung, kemudian dituangi saos khusus. Menu pelengkap Ngohiang biasanya tahu ngohiang dan kentang. Pilihan dagingnya ayam dan babi.

Karena antrean Ngo Hiang di Gang Aut Suryakencana cukup lama, tim Jalan-Jalan Yuk memutuskan untuk mencoba Ngo Hiang di jalan Siliwangi yang ternyata masih bersaudara dengan yang ada di Gang Aut.  

Rasa NgoHiang ini sangat lembut di dalam dan krispy di luar. Acar lobak dan kuah kacang menjadi bagian keunikan masakan ini yang tidak pernah ditemui dimana-mana.

Alamat: Suryakencana St No.309 A, RT.01/RW.07, Sukasari, Bogor Timur, Bogor City, West Java 16131, Indonesia
Contact: +622518328749, check website
Jam buka: Jam Buka: Setiap hari (jam 10.30 – 18.00)
Harga: Harga: Rp. 35.000
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
7. Delicious Bakery

Bukan sejenis Taiwan bread atau roti-roti modern, ya. Delicious Bakery akan mengingatkan kita pada roti jadul yang sering kita nikmati di masa kecil. Memanggang sejak 1937, toko yang bernama asli Delicious Brood Koek en Bangket Bakkerij Snoepwinkel ini merupakan usaha turun temurun yang kini dipegang oleh Kaman dan Ratna.

Roti Delicious Bakery selalu fresh karena mulai produksi setiap hari jam 3 pagi! Aneka roti yang dijual memang sangat sederhana tapi rasanya benar-benar enak – mulai dari roti isi coklat, isi keju hingga isi nanas. Ada juga roti tawar Perancis yang di packing dengan bungkus kertas roti sederhana berwarna putih. Cemilan yang cukup mengenyangkan saat menahan laper di kemacetan Bogor. Hehe…

Alamat: Jl. Mawar No.22, RT.03/RW.05, Menteng, Kec. Bogor Bar., Kota Bogor, Jawa Barat 16111, Indonesia
Contact: +622518338432
Jam buka: Setiap hari (07.00 – 15.00)
Harga: Mulai Rp. 2.500
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
8. Roti unyil Venus

Cemilan khas Bogor yang ini juga ga kalah nikmat. Serunya bisa dinikmati dalam sekali lahap. Roti Unyil Venus letaknya di daerah Pajajaran. Rotinya sangat empuk dan isinya juga bermacam-macam dari manis hingga asin. Bentuknya yang imut, bervariasi membuat kita pengen mencicipi segala jenis roti yang dipajang di toko ini! Apalagi makannya tinggal Hap! Satu ga akan cukup. Roti unyil ini juga bisa kamu jadikan oleh-oleh karena mereka menyediakan packaging yang cantik dan rapi dalam kotak bersekat.  

Toko kue ini selalu ramai pengunjung jadi sebaiknya kamu start lebih pagi untuk ke toko Venus. Buka dari jam 5.30 pagi!

Alamat: Jl. Pajajaran, RT.04/RW.02, Baranangsiang, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16143, Indonesia
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 21.00)
Harga: 1 box isi 30 roti = Rp. 48.000,-
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
9. Soto Mie Ciseeng (Non-halal)

Bagi kamu yang gemar menyecap iga babi, satu lagi kuliner di Gang Aut yang wajib dicoba. Kalau biasanya soto berasal dari kaldu daging ayam atau sapi, Ciseeng Bogor menggunakan tulang babi untuk membuat setiap seruput kaldunya terasa sedap dan harum.

Warga lokal biasa menyebutnya soto mie bakut. Kuah sotonya bening dan berisi mie kuning, babat, usus, urat, serta iga babi. Tak lupa taburan daun bawang dan bawang goreng. Isinya bisa request jika kamu tidak suka salah satu item yang disebutkan di atas.

Alamat: Jalan Suryakencana No. 280 Bogor Tengah, RT.01/RW.05, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia
Contact: +622518338432
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 17.00)
Harga: Mulai 40ribuan
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
10. Soto Kuning Pak Yusup

Dengan bermodalkan gerobak saja, soto kuning Pak Yusup mampu bertahan sejak 1977 sampai sekarang, lho! Sajian gurih dan hangat memang sangat cocok dinikmati di Kota Hujan sore ini. Seporsi soto kuning berisi daging sapi dan juga bagian daging lain sesuai pilihan kamu. Kuahnya berwarna kuning dengan rasa rempah soto yang kuat. Ditambah nasi hangat plus emping – wah, nikmat tiada tara!

Ada banyak tempat yang menjual makanan khas Bogor yang satu ini. Tetapi gerobak milik Pak Yusup- lah yang banyak direkomendasikan oleh para foodies lokal.

Alamat: Suryakencana St No.285, RT.04/RW.02, Babakan Pasar, Bogor Tengah, Bogor City, West Java 16123, Indonesia
Contact: +6281293736866
Jam buka: Setiap hari (13.30 – 20.00)
Harga: mulai 30ribu-an
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
11. Es Pala Pak Ujang

Setelah lelah berkeliaran di kota Bogor, enaknya minum yang dingin-dingin. Tempat berikut yang layak disinggahi adalah Es Pala Pak Ujang. Es Pala merupakan minuman khas Bogor yang banyak terlihat di pinggir jalan. Milik Pak Ujang letaknya di Suryakencana.

Minuman ini sungguh simple, hanya berisi serutan buah pala, air gula dan es batu. Tapi karena rasa buah pala sendiri yang memang sedikit asam dan ada rasa manis dari air gula – membuat Es Pala dicintai oleh umat Bogor dan sekitarnya. Harganya murah meriah, hanya Rp. 6.000 saja untuk segelas Es Pala segar Pak Ujang.

Buah Pala sendiri memiliki khasiat untuk meredakan nyeri perut karena penyakit lambung hingga mengobati orang yang susah tidur.

Alamat: Suryakencana St Gg. Aut, RT.01/RW.05, Gudang, Bogor Tengah, Bogor City, West Java 16123, Indonesia
Contact: +6287773935999
Jam buka: Setiap hari (07.00 – 19.00)
Harga: Rp. 6.000
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
12. Es Bir Kotjok si Abah

Kalau ada minuman dingin segar tapi bisa menghangatkan badan saat hujan di Bogor, pastilah Bir Kotjok namanya! Entah bagaimana sejarah minuman ini bisa dinamakan Es Bir Kotjok, padahal bahan-bahannya tidak ada yang mengandung alkohol sama sekali.

Mungkin warnanya yang mirip minuman bir atau karena penyajiannya pakai gelas bir? Apapun alasannya, minuman ini halal, terbuat dari rempah-rempah asli Indonesia seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan gula aren. Rasa pedas jahe merah langsung terasa begitu meneguk es bir kotjok yang menyegarkan ini. Segelas dihargai Rp. 5.000 saja. Beli 1 botol juga bisa, harganya Rp. 15.000.

Alamat: Suryakencana St No.291-299, RT.01/RW.07, Gudang, Bogor Timur, Bogor City, West Java 16142, Indonesia
Contact: +6288808390293
Jam buka: Setiap hari (09.25 – 17.30)
Harga: Rp. 5000 – Rp. 15000
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
13. Pepes Sagu Daniel

Makanan unik khas Bogor ini dijual di gerobak warna biru yang besar di area Suryakencana. Isinya pun bermacam-macam dan berjejer rapi di etalase kaca. Tim Jalan-Jalan Yuk, mencoba varian rasa yang paling favorit yaitu isi pisang keju, dan isi nangka.

Yang jelas, makan satu tidak cukup. Ukurannya lumayan kecil tapi kelezatannya tiada tara. Rasa gurih, manis dan lembut bercampur menjadi satu di dalam mulut. Pepes sagu merupakan kuliner Bogor yang legendaris karena sudah lebih dari 36 tahun menyajikan aneka pepes, termasuk pepes peda, oncom, tengiri dan pete.

Alamat: Suryakencana St No.325-272, RT.01/RW.07, Gudang, Bogor Timur, Bogor City, West Java 16131, Indonesia
Contact: +6289609116516
Jam buka: Setiap hari (09.00 – 18.00)
Harga: Mulai 3500an
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
14. Asinan Asli Bogor

Nah, ini makanan yang bisa kamu jadikan snack sore atau pencuci mulut. Atau pas lagi pengen yang seger-seger. Lucunya, meski nama makanan ini adalah asinan, tapi rasa yang dominan adalah manis pedas dan asam dari kuah cuka. Isinya terdiri dari aneka sayuran dan buah seperti nanas, bengkuang, jambu, serta taburan kacang tanah. 

Asinan Asli Bogor terletak di dekat pintu masuk Kebun Raya Bogor. Jadi, buat yang nanya, ada apa di Kebun Raya Bogor, ini salah satunya! Haha! 

Alamat: Jl. Ir. H. Juanda No.90, Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat 16123, Indonesia
Contact: +622518371666, facebook
Jam buka: Setiap hari (08.00 – 19.00)
Harga: Rp. 20.000
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
15. Es Krim Mas Doto

Wisata kuliner Bogor kali ini ditutup dengan es krim Mas Doto yang legendaris. Jangan dibayangkan es krim yang dijual di kedai besar dengan tampilan menarik dan cherry sebagai toppingnya. Es krim Mas Doto justru menawarkan kejadulan yang bikin siapa saja enggan menolak. Meski hanya dijual di gerobak mungil, antriannya mulai dari pejalan kaki hingga mereka yang naik mobil. Para pelanggan Mas Doto merupakan generasi turun temurun yang sejak kecil telah mencicipi lezatnya es krim jadul ini, kemudian setelah dewasa mengajak sanak keluarganya kesana.

Es Krim Mas Doto disajikan dengan menyendokkan 1 scoop es krim ke dalam roti tawar lembut yang dilipat dan dialasi kertas berwarna coklat. Simple, kan? Citarasa es krim yang lumer di lidah dan rasa yang lugas tanpa babibu..sangat terasa karena proses pembuatan yang sederhana. Hanya ada dua rasa es krim, coklat dan durian.

Alamat: Jl. Sukasari 1 No.20, RT.06/RW.02, Sukasari, Kec. Bogor Tim., Kota Bogor, Jawa Barat 16142, Indonesia
Contact: +6281384778850
Jam buka: Setiap hari (11.30 – 18.00)
Harga: Rp. 12.000
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2

RElated Blogs

Daftar 15 Wisata Candi Populer di Indonesia

Soal tempat wisata di Indonesia memang tidak ada habisnya seperti cagar budaya berupa candi. Ca

7 Tarian dari Jawa Tengah yang Populer

Jawa Tengah memiliki tradisi kebudayaan yang masih sangat kental. Peninggalan-peninggalan seni

12 Makanan Khas Manado Dari yang Pedas, Gurih Hingga Manis

Kota Manado kerap dikenal akan olahan makanan yang penuh rempah memang jadi salah satu tujuan w

10 Distro Bandung Populer yang Jual Clothing Brand Lokal

Distro Bandung – Tahukah anda bahwa Bandung memberikan kontribusi besar di dunia bisnis f