18 Tips Cara Menghilangkan Mabuk Perjalanan Secara Permanen

blog post image

Mabuk perjalanan saat bepergian jauh, baik itu menggunakan transportasi darat, laut, ataupun udara, akan sangat mengganggu. Bahkan, dapat membuat penderita mengalami trauma untuk melakukan perjalanan.

Baca Juga : 6 REKOMENDASI HOTEL DI BATU MALANG YANG INSTAGRAMABLE

Gejala mabuk perjalanan antara lain adalah perut mual, kepala pusing dan terasa sakit, tubuh lelah, keringat dingin, peningkatan air liur, dan kulit nampak pucat. Gejala ini mungkin sudah terasa, bahkan ketika perjalanan baru saja dimulai.  Secara medis, mabuk perjalanan terjadi karena adanya ketidaksesuaian dalam penerimaan saraf sensorik, yang melibatkan mata dan juga rongga telinga bagian dalam atau sistem vestibular yang mengirimkan perintah yang bertentangan ke otak.  Sistem vestibular berkaitan erat dengan sistem keseimbangan. Ketika seseorang mengalami mabuk perjalanan, apa yang sedang direkam oleh sistem vestibular tidak sesuai dengan apa yang sedang dilihat oleh mata. Akibatnya, penerimaan saraf sensorik menjadi tidak sesuai.  Mabuk perjalanan terjadi karena alat keseimbangan yang berada di rongga telinga terangsang atau terganggu oleh adanya guncangan sewaktu seseorang berada di dalam kendaraan. Pada saat bersamaan, reaksi mata terbatas pada ruang yang sempit yaitu ruang yang ada di dalam kendaraan tempat seseorang berada. Pada kondisi tersebut, seseorang akan mengalami gejala mabuk kendaraan seperti mual dan keringat dingin.  Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu.  Berikut ini 18 tips cara menghilangkan mabuk perjalanan secara permanen, tanpa minum obat.  

1. Duduklah di depan
Jika bepergian menggunakan mobil, duduklah di kursi depan. Menurut penelitian, mabuk kendaraan terjadi karena adanya ketidaksesuaian antara pandangan mata dengan bagaimana tubuh menginterpretasikan gerak kendaraan. Akibatnya, tubuh menjadi mual dan pusing.  Menyetir juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan mabuk perjalanan secara permanen. Karena pikiran akan terfokus melihat jalanan yang ada di depan. Namun, jika kamu tidak bisa mengemudi, cukup dengan duduk di samping pengemudi saja. 

2. Atur sirkulasi udara 
Mabuk kendaraan juga bisa disebabkan oleh kekurangan oksigen dan sensitif terhadap udara dingin AC mobil. Sebaiknya buka sedikit kaca jendela mobil untuk menghasilkan sirkulasi udara yang baik. Cara ini untuk membantu suplai oksigen yang cukup ke dalam kendaraan sehingga tubuh tidak kekurangan oksigen. Selain itu, sirkulasi udara yang baik juga akan memberikan rasa nyaman bagi tubuh. 

3. Posisikan kepala dalam keadaan rileks 
Agar pandangan mata tetap stabil, sebaiknya jaga posisi kepala agar dalam keadaan yang stabil. Pastikan kepala tetap dalam kondisi rileks sehingga tidak terasa pusing. Bisa juga gunakan bantuan bantal kepala. Cara ini bisa menghilangkan mabuk perjalanan secara permanen. 

4. Sering beristirahat
Jika perjalanan yang dilakukan sangat jauh, usahakan selalu beristirahat setiap jam. Keluarlah dari dalam mobil, duduk di bawah pohon atau di bangku yang ada di pinggir jalan, lalu  kemudian tarik napas panjang untuk merilekskan tubuh dan juga otak. Hal ini penting untuk meregangkan otot kaki dan juga tubuh, sehingga rasa lelah dapat dihindari.

5. Cobalah tidur di dalam mobil
Tidur bisa menjadi alternatif yang efektif untuk menghilangkan mabuk perjalanan secara permanen. Cara ini sering digunakan oleh banyak orang sebagai tindakan antisipasi mabuk perjalanan. 

Baca Juga : 6 HOTEL MURAH TAPI NGGAK MURAHAN DI JOGJA DEKAT MALIOBORO


6. Jangan sampai dehidrasi
Hindari dehidrasi, pastikan tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih selama kamu dalam perjalanan. Dehidrasi adalah salah satu faktor yang akan memperburuk kondisi tubuh ketika mengalami mabuk perjalanan.  Minuman bersoda atau berperisa juga aman untuk  mengalihkan perhatian pencernaan terhadap rasa mual sehingga mabuk perjalanan dapat dicegah. Selain itu, beberapa jenis minuman dengan kandungan protein juga efektif mengatasi mabuk perjalanan.

7. Jangan makan berlebihan
Mengonsumsi makanan yang bernutrisi penting untuk mencegah tubuh merasa kelelahan. Namun, jangan makan terlalu banyak. Hindari makanan yang memiliki kandungan lemak berlebih dan makanan pedas. Keduanya bisa menyebabkan rasa mual dan juga muntah.

8. Hindari minuman beralkohol
Minuman beralkohol berpotensi menimbulkan gangguan pencernaan sehingga rasa mual akan lebih cepat datang. 

9. Makan camilan
Camilan dari tepung dengan rasa hambar akan membantu mencegah rasa lapar dan juga menjaga lambung agar terhindar dari gangguan pencernaan. Rasa hambar dan juga aroma yang tidak menyengat dari camilan tidak akan menyebabkan gangguan pada penciuman sehingga gangguan mabuk perjalanan dapat diatasi.

10. Konsumsi Jahe
Jahe adalah salah satu jenis rempah yang efektif untuk menghilangkan gangguan pencernaan ketika mabuk perjalanan. Bawalah ekstrak jahe dalam bentuk minuman atau camilan. 

11. Permen mint dan permen karet
Bawa permen mint dan permen karet untuk menemani perjalanan jauh. Rasa mint akan memberikan rasa nyaman pada mulut sehingga keinginan untuk muntah dapat dicegah. Selain permen mint, mengunyah permen karet juga bisa mencegah mabuk perjalanan. Mengunyah permen karet akan membantu produksi air liur lebih banyak sehingga dapat menetralkan asam lambung.

12. Hindari aroma yang terlalu tajam
Saat berada di dalam kendaraan, hindari mencium aroma yang terlalu tajam seperti parfum atau benda atau makanan dengan bau yang terlalu menyengat seperti durian. Aroma tajam dapat membuat kepala lebih rentan terhadap rasa sakit dan mempercepat timbulnya rasa mual. 

13. Hindari asap rokok
Hindari asap rokok selama dalam perjalanan. Asap rokok dapat membuat berkurangnya suplai oksigen ke dalam tubuh, sehingga mengakibatkan mabuk perjalanan. 

Baca Juga : 8 TEMPAT MAKAN DI SENTUL DENGAN VIEW BAGUS

14. Pakai minyak kayu putih
Aroma minyak kayu putih bisa menghilangkan mabuk perjalanan. Oleskanlah minyak kayu putih di dada dan juga perut untuk memberikan rasa nyaman pada tubuh. 

15. Alihkan perhatian 
Mengalihkan perhatian pada hal yang lain bisa menjadi alternatif yang efektif untuk mengatasi mabuk perjalanan. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengatasi mabuk perjalanan pada anak-anak. Misalnya, mendengarkan musik, bernyanyi, atau melakukan beberapa jenis permainan bersama penumpang lain.

16. Hindari memandang ke bawah
Cara menghilangkan mabuk perjalanan juga dapat dilakukan dengan cara menghindari terlalu sering memandang ke bawah. Pandangan ke bawah akan membuat rasa mual datang lebih cepat, dan kepada cepat terasa pusing. Hindari beberapa hal yang dapat mendatangkan rasa mual, seperti bermain gadget, membaca, dan lain sebagainya.

17. Pilih jalan yang mulus
Jalan bergelombang atau tidak rata juga bisa mempercepat terjadinya mabuk perjalanan. Untuk itu, pilihlah jalan yang rata dan bebas hambatan untuk mencegah mabuk perjalanan.  Selain itu, terlalu lama tersendat di area jalan yang macet akan membuat pikiran dan juga kondisi tubuh menjadi tidak nyaman sehingga kepala lebih mudah sakit serta perut lebih cepat merasa mual.

18. Muntahkan jika sudah tidak tertahankan
Jika rasa mual sudah tidak tertahankan, berhenti sejenak untuk keluar dari kendaraan, dan memuntahkan isi perut jika sudah terasa tidak tertahankan. Cara ini biasanya cukup efektif untuk menghentikan mabuk kendaraan. Pada umumnya, mabuk kendaraan akan segera reda ketika seseorang telah memuntahkan isi perutnya. Rasa lega biasanya justru akan dirasakan oleh penderita.

RElated Blogs

Ini 5 Cafe di Jakarta yang Buka 24 Jam Non Stop

Cafe Jakarta Buka 24 Jam – Cafe di Jakarta yang buka 24 jam bisa dijadikan pilihan ketika

Pantai terbaik di Bali: 10 pantai terbaik yang harus dikunjungi

Bali adalah surga tropis yang dikenal dengan pantainya yang indah, air laut biru yang jernih, dan pohon-pohon palem yang bergoy

Menjelajahi Pesona Rumah Adat di Kepulauan Riau

Temukan kenyamanan menginap di 18 hotel dekat Taman Safari paling populer di Indonesia. Pengalaman alam liar yang tak terlupakan.

9 tempat menyelam rahasia yang terjaga dengan baik di Indonesia

Menyelam di Indonesia adalah peluang yang tidak ternilai harganya untuk menjelajahi salah satu lingkungan laut paling indah dan