5 Destinasi Wisata Akhir Pekan di Sekitar Jakarta

blog post image

Penat diem di rumah terus? Setelah lebih dari satu tahun melakukan physical distancing untuk mencegah penyebaran virus COVID-19, wajar kalau kamu merasa suntuk dan penat dan kebelet buat jalan-jalan, apalagi kalau selama ini kamu stay di apartemen, kos, ataupun rumah yang berlokasi di Kota Jakarta. Mungkin sebenarnya kamu udah nggak sabar pengen liat ijo-ijo, denger deburan ombak dan pantai, dan menghirup udara segar.

Walaupun bukan untuk liburan, seenggaknya buat berakhir pekan deh… iya nggak? "Tapi kalo ke Bali atau Lombok kan harus naik pesawat?" Eits, sebenernya nggak juga kok. Mungkin ini saatnya kamu menjelajahi wisata akhir pekan sekitar Jakarta yang selama ini kamu cuekin.

Ini dia 5 destinasi wisata di sekitar Jakarta yang bisa kamu kunjungi di akhir pekan selain tempat wisata seperti Ancol dan Taman Mini Indonesia Indah yang udah terkenal banget. Tapi jangan lupa ya, tentunya kemanapun kamu pergi, tetap memperhatikan protokol kesehatan ya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Villa dengan Private Pool di Bali

1. Taman Wisata Alam Mangrove, Angke Kapuk

Kamu tau nggak sih kalau di daerah Jakarta Barat, tepatnya di Angke Kapuk, ada hutan mangrove? “Hah? Masa sih?” Iya beneran! Buat kamu yang udah bosen jogging keliling kompleks, bisa banget nih sekali-kali cobain jogging di sini di akhir pekan. Kalau kamu beruntung ketika kamu jogging kamu mungkin bisa spotting hewan-hewan di habitat Mangrove ini, seperti Elang Laut Perut Putih, Cekakak Sungai, Belibis, sampai Biawak Air.

Jogging di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk bisa jadi salah satu aktivitas alternatif di akhir pekan untuk kamu yang tinggal di Jakarta Jogging di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk bisa jadi salah satu aktivitas alternatif di akhir pekan untuk kamu yang tinggal di Jakarta (Sumber: Photo from instagram @ersadirsyad)

Kamu bisa lewatin jembatan kayunya juga diantara pohon-pohon Mangrove. Destinasi wisata ini juga cukup Instagrammable juga loh. Kalo kamu datang di saat-saat golden hours, yakni pagi hari atau sore-sore sebelum matahari terbenam, bisa banget deh foto-foto cantik di jembatan dengan efek-efek cahaya matahari surgawi gitu deh. Oiya, kalau tertarik, kamu juga sebenernya bisa sewa villa atau camping di sini, info lebih lanjut bisa kamu temukan di website pengelola hutan mangrove ini.

Harga Tiket Masuk :

  • Senin- Jumat: Rp30.000 (Dewasa)
  • Sabtu-Minggu/Hari Libur: Rp35.000 (Dewasa)

Jam Buka:

  • Senin- Jumat: 08.00 – 18.00
  • Sabtu-Minggu/Hari Libur:

Alamat : Jl. Garden House No.4, RT.8/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14470
Website: https://www.jakartamangrove.id/
Map : [Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
2. Pantai Pasir Putih PIK 2

Gak jauh dari hutan mangrove di Angke, ada Pantai Pasir Putih di Kawasan Pantai Indah Kapuk (PIK) 2. Setelah diresmikan tahun lalu, Pantai Pasir Putih ini cukup jadi salah satu destinasi wisata populer buat duduk-duduk bersantai di sore hari sebelum matahari tenggelam, apalagi di akhir pekan.

Nikmati sunset di Pantai Pasir Putih PIK 2 Jakarta saat akhir pekan (Sumber Photo from instagram.com @happyfamilybyamoy) Nikmati sunset di Pantai Pasir Putih PIK 2 Jakarta saat akhir pekan (Sumber Photo from instagram.com @happyfamilybyamoy)

“Kalo pagi gimana?” Nah untuk sementara ini nih, pantai ini hanya buka dari jam 15.00 sampai jam 21.00 malam. Selama di sini, selain bersantai di pinggir pantai kamu juga bisa jajan berbagai makanan yang disajikan di food-court yang ada di sana. Mulai dari makanan korea, chinese food, sampai kuliner nusantara.

Harga Tiket Masuk : Gratis / Tidak dipungut biaya
Jam Buka : Senin-Minggu, 15.00 – 21.00
Alamat : Dadap, Kosambi, Tangerang, Banten 15211
Map : [Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
3. Museum di Tengah Kebun, Kemang

Destinasi wisata satu ini bener-bener salah satu hidden gem yang ada di Jakarta. Museum Tengah Kebun ini terletak di salah satu daerah yang populer dengan berbagai kafe-nya, yaitu Kemang. Hal unik dari Museum ini adalah letak barang-barangnya yang tidak disesuaikan dengan asal-muasal ataupun temanya.

Destinasi Wisata tersembunyi di Kemang, Jakarta, yang hanya bisa dikunjungi di akhir pekan Destinasi Wisata tersembunyi di Kemang, Jakarta, yang hanya bisa dikunjungi di akhir pekan (Sumber: instagram.com@rameliavitra)

“Loh kok gitu sih?” Iya, karena nih, Museum ini adalah Museum yang dikelola perseorangan atau pribadi, dan letak barang-barangnya sendiri berada di seantero rumah seorang kolektor barang antik, yakni Bapak Sjahril Djalil, yang mengoleksi hampir 4.000 barang antik dan bersejarah dari berbagai belahan dunia dan berbagai daerah di Indonesia.

Meski pembelian semua barang antik ini iya biaya dengan biaya pribadi, pengunjung tidak dipungut biaya sepeserpun untuk berkunjung. Kamu bisa datang setiap hari Sabtu atau Minggu dalam grup yang jumlahnya minimal 10 orang. Pastikan kamu menghubungi Museum ini untuk membuat janji dulu ya sebelum datang.

Harga Tiket Masuk : Gratis / Tidak dipungut biaya
Jam Buka : Sabtu dan Minggu, 07.00 – 09.00 atau 13.00 – 15.00
Alamat : Jl. Kemang Timur No.66, RT.7/RW.3, Bangka, Kec. Mampang Prpt., Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
Contact : (021) 7196 907 atau 0877 8238 7666
Map : [Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
4. Kebun Binatang Ragunan

Destinasi wisata yang satu ini tentunya udah nggak aneh lagi dong, apalagi buat kamu warga Jakarta. Mungkin waktu masih sekolah dulu kamu bahkan pernah berkarya wisata kesini bareng sama temen-temen satu sekolah. “Seriusan Ragunan Doang?”

Ragunan tetap menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk menikmati akhir pekan di Jakarta (Sumber dailysabah.com) Ragunan tetap menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk menikmati akhir pekan di Jakarta (Sumber: dailysabah.com)

Eh nggak doang loh. Coba cek, mungkin Ragunan banyak berubah sejak terakhir kali kamu sambangin. Selain itu, sekarang kan kamu nggak pergi bareng temen sekolah atau sekelas lagi. Di akhir pekan, kamu bisa ajakin gebetan, pacar, istri, suami, bahkan anak-anak kamu jalan-jalan ke sini bisa jadi sesuatu yang berkesan dan bantu kamu untuk kembali siap menghadapi WFH.

Harga Tiket Masuk : Rp4,000 (Dewasa) Rp3.000 (Anak-anak)
Jam Buka : Selasa – Minggu, 07.00 – 14.00
Alamat : Jl. Harsono RM No.1, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
Website : https://ragunanzoo.jakarta.go.id/
Contact : (021) 78847114
[Lihat di Google Maps]

blog-detila-img-2
5. Kawasan Kota Tua Jakarta

Jalan-jalan pagi untuk mencari udara segar nggak harus melulu ke pantai atau ke hutan kok. Kenapa nggak main ke kawasan Kota Tua sambil mengunjungi museum-museum yang ada di situ? Mulai dari museum wayang, museum Bank Indonesia, museum sejarah Jakarta, sampai dengan rumah akar yang terletak di belakang museum wayang. Setelah itu kamu bisa menikmati sensasi makan dengan suasana jadoel di Cafe Batavia.

Kawasan Kota Tua Jakarta bisa jadi salah satu destinasi wisata untuk melepas penat di akhir pekan (Sumber instagram.com@antonadisubroto) Kawasan Kota Tua Jakarta bisa jadi salah satu destinasi wisata untuk melepas penat di akhir pekan (Sumber instagram.com@antonadisubroto)

Tergantung museum apa saja yang ingin kamu kunjungi, pastikan kamu cek jadwal operasional museum yang ingin kamu kunjungi sebelum kesana ya. Harga tiket masuk biasanya sangat ramah di kantong, berkisar Rp10.000 – Rp20.000.

[Lihat di Google Maps]

Pengen tahu kamu bisa jalan-jalan atau staycation kemana aja selama kamu di Jakarta? Cek aja langsung di artikel lengkap dengan berbagai rekomendasi kuliner, tempat menginap, dan destinasi wisata lainnya di sini dan kita jalan-jalan yuk!

blog-detila-img-2

RElated Blogs

Rekomendasi Hotel di Labuan Bajo, Harga Mulai Sejutaan!

Berencana liburan ke Labuan Bajo? Bagi kamu yang baru pertama kali liburan, mungkin masih bingu

5 Aktivitas Outdoor Anti-Mainstream Nggak Jauh dari Jakarta

Hey, jadi kamu sedang mencari sesuatu yang unik dan tidak biasa untuk dilakukan di luar Jakarta? Jangan khawatir, kita punya be

10 Makanan Khas Purbalingga yang Jadi Favorit, Wajib Coba

Mampir ke suatu daerah di Indonesia tidak akan lengkap tanpa mencicip makanan khas lokasi terse