Makanan Khas Sumatera Utara: Kelezatan Tiada Batas

blog post image

Makanan Khas Sumatera Utara: Kelezatan Tiada Batas

Sepertinya udah jadi rahasia umum kalau Sumatera terkenal dengan kuliner khasnya yang kental dengan budaya Melayu, termasuk makanan khas Sumatera Utara. Pergi ke utara, khususnya Sumatera Utara, akan membawa Anda menemukan rasa lezat yang mungkin tidak ditemui di daerah lainnya.

Makanan khas Sumatera Utara bisa dibilang kalah ‘pamor’ dengan makanan Sumatera Barat dikarenakan Nasi Padang-nya yang tersebar di seluruh Indonesia. Meskipun begitu, sebenarnya makanan daerah ini juga tidak kalah enak, lho!

Berbagai makanan khas daerah Sumatera Utara harus kalian coba sekali seumur hidup. Mulai dari sarapan hingga jajanan malamnya. Tidak lupa juga dengan kue-kue manis yang dimilikinya.

Penasaran apa saja makanan khas dari Sumatera Utara yang bisa kalian coba? Terus ikuti artikel ini! Kita akan bahas beragam kuliner yang cocok di makan pagi, siang, ataupun malam.

Let’s go!

Kekayaan Makanan Khas dari Sumatera Utara

makanan khas sumatera utara
Makanan Khas Sumatera Utara. Sumber: Wiki

Provinsi yang terletak di utara Pulau Sumatera ini secara umum memiliki keunikan yang mungkin tidak ditemui di daerah lainnya. Bahkan dengan provinsi di sekitarnya.

Memiliki Ibu Kota Medan, ternyata Sumatera Utara adalah provinsi yang memiliki penduduk paling banyak di Pulau Sumatera, lho! Bahkan keempat di Indonesia, setelah tiga provinsi utama di Pulau Jawa.

Banyaknya penduduk membuat bermacam budaya pun terbentuk, salah satunya terkait makanan khas-nya. Dari cita rasa manis, asam, hingga asin, semua ada di provinsi ini. Bermacam teknik masak pun digunakan dalam makanan khas sumatera, dan ini menjadi keunikan tersendiri.

Dari berbagai perbedaan yang ada, hal yang membuat kuliner Sumatera Utara menonjol daripada daerah lainnya adalah penggunaan buah andaliman. Karena buah ini lah, banyak makanan Sumatera Utara memiliki rasa pedas getir.

Makanan khas Sumatera Utara juga kaya akan seafood, ikan dan daging yang berkuah. Jadi buat yang suka daging-dagingan nih, makanan daerah ini pasti cocok untuk lidah kalian!

Makanan Khas Sumatera Utara yang Wajib Dicoba

Jalan Jalan Yuk telah merangkum beberapa makanan khas Sumatera Utara yang wajib kalian coba. Tentu masih ada banyak makanan lainnya, namun di artikel ini kami akan kelompokkan menjadi makanan-makanan yang cocok untuk sarapan, makan siang, dan jajanan malam.

Tanpa banyak omong lagi, yuk simak list kita berikut ini!

Sarapan Khas Sumatera Utara


1. Mie Gomak
Kalau kalian termasuk tim sarapan dengan mie, Mie Gomak bisa jadi pilihan yang tepat. Jangan ngaku mie lovers kalau belum merasakan makanan satu ini.

Mie yang berasal dari Batak Toba ini memiliki mie lidi sebagai bahan utamanya. Sedangkan penamaan ‘gomak’ sendiri diambil dari cara buat mie yang dulunya mengandalkan genggaman tangan. Unik, bukan?

Untuk penyajiannya, kalian bisa memakannya dengan kuah atau goreng, lho! Jadi bisa nih kalau sesuaikan dengan mood kalian.

Makanan Khas Sumatera Utara
Mie Gomak. Sumber: Wiki

2. Nasi Gurih
Sekarang, mari beralih ke sarapan nasi dari Sumatera Utara!

Nasi satu ini mungkin sering kita dengar sebagai Nasi Lemak. Betul, nasi khas dari negara tetangga. Namun sangat populer di Sumatera Utara hingga dijuluki nasi lemak yang menjadi sarapan khas provinsi ini.

Tahu nggak sih kalo nasi gurih itu salah satu 10 sarapan tersehat di dunia menurut Time Magazine, lho! Dan semua ini karena paket lengkap yang ditawarkan nasi gurih. Mulai dari lauk, sayur, sambal, dan berbagai condiment lainnya yang dapat melengkapi gizi kalian.

Nasi Gurih dengan Lauk. Sumber: Indonesia Travel

3. Soto Medan
Soto itu emang sarapan andalan di seluruh daerah nggak sih? Soto lamongan ada, soto betawi ada, bahkan soto sampah pun ada. Indonesia memiliki berbagai jenis soto, dan dari sekian banyaknya itu jangan sampai melewatkan soto medan!

Secara visual, soto medan memiliki warna kuning yang hampir kehijauan dan biasa disajikan dengan daging ayam, telur rebus, nasi, dan perkedel. Penggunaan santan serta beberapa bumbu aromatik membuat makanan ini menggoda bagi siapa yang mencium harumnya.

Makanan Khas Sumatera Utara
Soto Medan. Sumber: Finna Food

Makan Siang Khas Sumatera Utara


4. Dekke Naniura
Sumatera Utara terkenal dengan masakan ikannya, dan dekke naniura adalah salah satunya. Secara bahasa , dekke naniura berarti ikan yang tidak dimasak melalui api, dan memang benar-benar tidak menggunakan api, lho! Tidak percaya?

Umumnya, masakan ini menggunakan Ikan Mas segar. Kemudian diberi asam dan air buah Unte Jungga serta bumbu rempah-rempah. Diamkan selama beberapa jam sehingga terjadi proses fermentasi. Ketika proses tersebut selesai, langsung santap deh.

Mungkin bagi beberapa orang yang pertama kali mencoba masakan ini akan sedikit bingung dengan rasanya. Namun, setelah kalian bisa mendapatkan daya tarik dari dekke naniura yang memiliki tekstur lembut ini, dipastikan kalian akan ingin memakannya terus setiap minggu!

Makanan Khas Sumatera Utara
Dekke Naniura. Sumber: Mengenal Indonesia

5. Dekke Na Niarsik
Makanan khas Sumatera Utara lainnya yang berbahan ikan, Dekke Na Niarsik atau dalam bahasa Indonesia berarti Ikan Mas Arsik. Ikan ini merupakan masakan khas Batak Toba yang disajikan secara kering.

Ikan Mas Arsik sendiri sebenarnya memiliki makna yang dalam, yakni harapan agar orang yang memakannya dapat memiliki kelakuan dan hati yang bersih. Nah, buat kalian nih yang ingin perbaiki diri mungkin bisa coba masakan satu ini, hehe.

Sayangnya, saat ini jumlah ikan arsik sudah mulai terbatas. Oleh karena itu, banyak yang mulai mengubahnya dengan ikan mas biasanya, namun rasanya juga tidak kalah enak, kok!>

Makanan Khas Sumatera Utara
Dekke Na Niarsik. Sumber: Detik.com

6. Dali Ni Horbo
Rehat sejenak dari ikan-ikan, mari kita kupas makanan khas lainnya dari Sumatera, dan kali ini menu-nya adalah keju. Iya, keju yang dikenal Dali Ni Horbo.

Sebenarnya keju ini tidak hanya bisa dimakan ketika siang saja, dali ni horbo bisa dimakan kapan saja dan dengan apa saja. Sangat praktis bukan?

Selain itu, hal yang membuat unik keju ini adalah bahan dasarnya, yakni susu kerbau. Bahan yang jarang ditemukan, namun kalian bisa menemukan keju ini di sebagian besar pasar Sumatera Utara. Kemudahan menemukannya menunjukkan kalau keju ini benar-benar populer dan layak dicoba.

Makanan Khas Sumatera Utara
Dali Ni Horbo. Sumber: Parboaboa

Kuliner Malam Khas Sumatera Utara


7. Nasi Goreng Kak Ramlah
Oke, mungkin nasi goreng ini bukan makanan khas Sumatera Utara yang tradisional, namun tetap patut kalian coba kalau ingin kuliner malam di provinsi ini.

Berlokasi di Medan, Nasi Goreng Kak Ramlah memiliki rasa yang serba pas, dari rasa pedasnya, gurihnya, hingga manisnya. Salah satu keunikan dari nasi goreng ini, yang mungkin tidak kalian temukan di Jawa, adalah lauk tambahannya yang berupa semur ayam. Semur ini lah yang membuat nasi goreng ini memiliki rasa manis.

Gimana? Mau coba makan nasi goreng plus semur?

Makanan Khas Sumatera Utara
Nasi Goreng Kak Ramlah. Sumber: Restaurant Guru

8. Sate Kerang Medan
Selain ikan yang menjadi andalannya, Sumatera Utara juga banyak menggunakan seafood dalam olahan masakannya. Sate kerang adalah salah satunya, dan cocok dikonsumsi ketika malam hari.

Hal yang menggiurkan dari sate kerang ini adalah bumbunya, yang mana menggunakan bumbu rendang! Bumbu rendang sama daging aja udah enak banget, apalagi kalau sama kerang.

Daripada makanan pokok, sate kerang Medan lebih tepat untuk menjadi jajanan malam. Biasanya dimakan bersamaan dengan sop bakso, mie ayam, atau lontong. Uniknya, sate ini juga ada yang diproduksi untuk menjadi oleh-oleh. Jadi bisa nih buat kalian yang ingin bawa sate ini setelah berlibur ke Sumatera Utara.

Sate Kerang Medan. Sumber: PaxelMarket

9. Kolak Durian
Bukan sebagai takjil buka puasa, kolak durian merupakan jajanan khas Sumatera Utara yang bisa dimakan kapan saja. Kolak yang berisikan buah durian, ketan putih, dan siraman gula aren dan santan akan membuat kalian ingin terus memakannya.

Kalau kalian penggemar buah durian, kalian harus mencoba kesegaran kolak ini. Untuk mendapatkannya pun tidak terlalu susah. Karena kolak durian bisa kalian temukan di pinggir jalan, khususnya di Kota Medan.

Makanan Khas Sumatera Utara
Kolak Durian Sumatera Utara. Sumber: Indonesia Kaya

Penutup

Telah kita jelajahi berbagai makanan khas daerah Sumatera Utara yang lezat dan menggugah selera. Mulai dari yang manis hingga masin, untuk pagi hingga malam, semua tersedia untuk kalian yang ingin merasakan keunikan dari masakan provinsi ini.

Tentu masih banyak lagi makanan khas Sumatera Utara yang bisa kalian coba. Namun 9 menu di atas adalah pilihan kami yang bisa memaksimalkan experience anda ketika kuliner Sumatera.

Jadi, bagaimana? Apakah tertarik untuk mencobanya? Kalau iya, langsung saja coba dan rasakan kelezatan yang tiada batas!

BACA JUGA: 15 KULINER KHAS BOGOR YANG UNIK, ENAK DAN PALING DICARI

RElated Blogs

Pulau-Pulau terbesar di Mediterania

Pulau-pulau terbesar di Mediterania: Temukan pesona eksklusifnya. Keindahan alam, sejarah, dan petualangan menanti di setiap langkah.

Panduan Liburan di Danau Toba: Menikmati Keindahan Alam dan Budaya Sumatra Utara

Lake Toba adalah salah satu destinasi wisata yang paling menakjubkan di Indonesia. Terletak di Sumatra Utara, danau ini memilik

12 Oleh-Oleh dan Souvenir Khas Jepang Wajib Bawa Pulang

Jepang, negara matahari terbit yang satu ini sarat dengan tradisi dan juga budaya yang unik. Mu

Jalur-Jalur Trekking Seru di Indonesia, Cocok Untuk Beginner Sampai Expert!

Kamu pastinya bangga dong jadi orang Indonesia. Gimana nggak, Indonesia punya keindahan alam yang memukau dari Sabang sampai Me