17 Oleh Oleh Khas Jogja selain Makanan, Dijamin Awet!

blog post image

Oleh-Oleh Khas Jogja Selain Makanan - Bingung cari oleh oleh khas Jogja selain makanan yang itu-itu aja? Tidak perlu khawatir karena kota ini memiliki banyak pilihan souvenir yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga, saudara atau teman. Dengan begitu, pemberian dari anda akan awet dan penerima senang dengannya. Ada beberapa tempat belanja oleh-oleh yang bisa anda kunjungi sebelum pulang saat jalan-jalan di Malioboro. Mulai dari Pasar Beringharjo, Kotagede, hingga Kasongan bisa anda datangi untuk belanja. Untuk mengetahui apa saja produk menarik yang ditawarkan, simak penjelasan di bawah ini.  

Rekomendasi Oleh-oleh khas Jogja Dalam Bentuk Barang Selain Makanan

 

1. Kerajinan Perak

Berbicara soal oleh-oleh, kerajinan perak di Kotagede tidak boleh dilewatkan. Produknya menyajikan ciri khas, keindahan dan ketelitian tersendiri yang tidak dimiliki produk perah di daerah lain. Tidak heran jika lokasinya selalu penuh akan pengunjung yang tertarik membelinya. Beberapa produknya yakni gelang, anting, cincin, replika candi dan lainnya. kerajinan perak

Kerajinan dari Bahan Perak (Sumber : kemenparekraf.go.id)

 

2. Gantungan Kunci khas Jogja

Gantungan kunci khas Jogja juga dapat dijadikan sebagai oleh-oleh menarik. Harganya pun terjangkau yakni hanya Rp 1.090 per biji. Kebanyakan produk ini terbuat dari batok kelapa, kayu dan spon. Meski sederhana, kualitasnya juga tinggi dan tahan lama karena tidak mudah patah, berkarat dan sobek. gantungan kunci jogja

Gantungan Kunci Unik Khas Jogja (Sumber : shutterstocks)

 

3. Gerabah Kasongan

Bosan dengan souvenir yang monoton? Gerabah kasongan jawabannya. Gerabah ini terbuat dari tanah liat berkualitas dengan detail cetakan nama yang timbul sehingga menciptakan dimensi artistik pada desainnya. Pilihan warnanya yakni coklat, hitam dan natural bakar. Adapun ukurannya yakni 22 cm x 18 cm dan 24 cm x 21 cm. Gerabah Kasongan

Gerabah Kasongan (Sumber : linkumkm)

 

4. Tas Rotan khas Jogja

Anda juga bisa mengincar tas rotan khas Jogja sebagai souvenir. Produk ini ialah karya asli pengrajin Yogyakarta yang hampir dalam menggabungkan sentuhan tradisional dengan kualitas. Setiap produknya memiliki model dan keunikan tersendiri sehingga anda bisa memilihnya sesuai selera dan keinginan. tas rotan

Tas Rotan Jogja  (Sumber : shutterstocks)

 

5. Kemeja Batik khas Jogja

Cari busana tradisional? Kemeja batik Jogja dengan motif parang merupakan pilihan yang menarik. pakaian ini terbuat dari kain katun sogan. Selain itu, kemeja ini nyaman dan adem dipakai sehingga penggunanya tidak akan merasa gerah. Dengan ukuran baju yang lengkap, penggunanya bisa memakainya untuk menghadiri acara formal atau semi formal. kemeja batik jogja

Kemeja Batik Jogja  (Sumber : shutterstocks)

Baca Juga : Rekomendasi Toko Batik di Jogja

 

6. Wayang Kulit Jogja

Jika anda ingin cari souvenir untuk dijadikan dekorasi atau bahan koleksi, wayang kulit Jogja jawabannya. Wayang ini dibuat dengan tangan dengan menggabungkan tradisi serta keahlian. Bahan yang digunakan yakni kulit sapi asli sehingga menawarkan kualitas yang tinggi dan autentik. Proses pengerjaannya menerapkan teknik tatah sungging yang dilakukan oleh pengrajin profesional selama puluhan tahun. Sebab, mereka mampu memberikan jaminan bahwa setiap wayang mempunyai sentuhan artistik yang unik. Tangkai bambunya menunjukkan perhatian terhadap otentisitas produk. Wayang Kulit  Jogja  (Sumber : Guneg.net)

Wayang Kulit  Jogja  (Sumber : Guneg.net)

 

7. Kaos Dagadu

Kaos Dagadu Djokdja ialah kaos dengan desain unik yang penuh akan daya tarik visual. Produk dari Dagadu Djokdja menyediakan berbagai gaya visual dan terbuat dari bahan katun 100%. Bahannya nyaman dan terasa adem dipakai. Saking banyaknya peminat, penggemar produk kaos ini memiliki nama Dagadu Djokdja. kaos dagadu

Kaos Dagadu  (Sumber : jogjaasik)

 

8. Blangkon Jogja

Blangkon Jogja juga cocok dijadikan oleh oleh dari jogja. Kemampuan adaptasinya yang kuat cocok digunakan untuk menghadiri acara formal dan acara adat. Corak kain netralnya mampu dipadukan dengan berbagai jenis pakaian. Ukurannya pun bisa disesuaikan dengan lingkar kepala pengguna. blankon jogja

Blangkon Jogja  (Sumber : brilio.net)

 

9. Patung Loro Blonyo

Sepasang patung loro blonyo juga ialah pilihan alternatif souvenir hiasan untuk mempercantik rumah. Kualitas keramiknya cukup istimewa karena mampu memancarkan keanggunan tradisional yang autentik. Patung dengan tinggi 18 cm ini mampu ditempatkan di berbagai sudut hunian. patung loro blonyo

Patung Loro Blonyo  (Sumber : wikipedia)

 

10. Topeng Batik Jogja

Topeng batik jogja berupa rama dan Shinta ialah karya unik yang memadukan seni kayu putih yang di batik dengan motif menarik. topeng berukuran 22 cm x 17 cm x 7cm ini memiliki sentuhan budaya serta estetika khas Jogja. Produk ini bisa digunakan sebagai hiasan dinding, souvenir atau aksesoris.  Topeng Batik Jogja 

 Topeng Batik Jogja  (Sumber : mamikos)

 

11. Surjan

Surjan lurik ialah pakaian tradisional khas Jogja yang tersedia dalam berbagai pilihan warna seperti hijau, biru, hitam dan ungu. Detail panjang lebar dada dan lengannya menyediakan kenyamanan dan kejelasan dalam menunjukkan postur tubuh penggunanya. Pakaian ini menggabungkan gaya modern dan tradisional. surjan

Surjan (Sumber : Depost Jogja)

 

12. Tas Dowa

Tas Dowa asli Jogja ialah tas yang terbuat dari nylon berkualitas tinggi serta campuran kulit asli sehingga menciptakan kesan elegan sekaligus fungsionalitas. Ukurannya yakni 14 cm x 21 cm x 19 cm dan cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. tas ini memuat barang-barang seperti kunci, mukena, handphone, dompet dan smartphone. tas dowa

Surjan (Sumber : ikurniawan.com)

 

13. Tas Kulit khas Jogja

Rekomendasi Oleh oleh khas Jogja selain makanan lainnya yakni tas kulit. Dengan begitu, tas ini tampak lebih premium dan elegan. Tas ini hadir dalam beragam desain dan warna sehingga anda bisa memilih sesuai keinginan dan selera fashion. Modelnya pun beragam seperti sling bag, tas pinggang dan shoulder bag. tas kulit khas jogja

Tas Kulit Khas Jogja (Sumber : tiket.com)

 

14. Kain Lurik

Kain lurik asli Jogja ialah bahan kain yang memiliki keindahan motif khas dari tenunannya sehingga memberikan kesan visual, menarik dan autentik. Kain ini terdiri dari corak yang jelas pada kedua sisinya sehingga menciptakan kesan indah pada setiap potongannya. Motifnya berupa garis-garis kecil dan biasa digunakan oleh kalangan keraton Jogja dan Solo. kain lurik

kain lurik Khas Jogja (Sumber : Tempo.co)

 

15. Keris Jogja

Keris Jogja  ialah karya seni gabungan estetika tradisional serta keahlian ukir. Keris ini berasal dari kayu jati dengan ukiran lung-lungan serta lambang Yogyakarta. Teknik sungging pada proses finishingnya menambah sentuhan khas pada setiap bagian. Ukurannya yakni 2,5 cm x 47 cm x 63 cm. Isian 3 di tengahnya memberikan ruangan untuk tombak sesuai preferensinya. Selain nilai seni yang tinggi, produk ini juga mencerminkan keunggulan kerajinan tradisional. Harga yang ditawar menonjolkan nilai produk daripada produk yang serupa. Motif ukirannya bernuansa budaya dan terbuat dari bahan kayu jati premium. keris jogja

Keris Jogja (Sumber : Antaranews)

 

16. Gelang khas Jogja

Gelang asli Jogja juga termasuk oleh oleh khas Jogja yang bisa anda pilih. Anda dapat membagikannya untuk teman-teman dan saudara. Sangat mudah menemukannya karena berada di sepanjang jalan Malioboro. Disana, anda akan dihadapkan oleh berbagai pilihan model gelang. gelang khas jogja

Gelang khas  Jogja (Sumber : djawanews)

 

17. Kalung khas Jogja

Daftar oleh oleh khas Jogja selanjutnya yakni kalung khas Jogja. Biasanya, ada tulisan Yogyakarta atau semacamnya pada aksesoris ini. Seperti gelang, anda dapat menemukannya dengan mudah di jalan Malioboro. Harganya pun cukup murah sehingga cocok bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh dengan dana terbatas. kalung jogja

Kalung khas  Jogja (Sumber : shutterstock)

  Ada banyak oleh oleh khas Jogja selain makanan yang bisa anda beli untuk keluarga, teman atau saudara. Anda bisa memilih di antaranya sesuai dana dan keinginan. Mulai dari aksesoris, dekorasi rumah, fashion item hingga kerajinan khas Jogja. Hal ini cocok bagi anda yang ingin memberi buah tangan awet dan bisa digunakan sehari-hari oleh penerima.  

Baca Juga : Hotel Murah Namun Tidak Murahan di Jogja Dekat Malioboro

 

RElated Blogs

18 Tips Cara Menghilangkan Mabuk Perjalanan Secara Permanen

Tentu saja kondisi ini sangat mengganggu.  Berikut ini 18 tips cara menghilangkan mabuk perjalanan secara permanen, tanpa minum obat yang perlu

10 Destinasi Liburan Selama Pandemi di Jakarta & Sekitarnya

Duh, minggu depan ke mana ya? Ke situ udah pernah, ke sana juga udah pernah. Pernah nggak sih kamu kepikiran seperti itu? Kayak

Jalur-Jalur Trekking Seru di Indonesia, Cocok Untuk Beginner Sampai Expert!

Kamu pastinya bangga dong jadi orang Indonesia. Gimana nggak, Indonesia punya keindahan alam yang memukau dari Sabang sampai Me

Cara Check in Pesawat, Secara Manual dan Online

Yeay! Akhirnya kamu naik pesawat terbang! Supaya nggak ketinggalan pesawat, lakukan check in beberapa jam sebelum waktunya boar